Tips Cara Perawatan Bayi baru lahir Menurut Islam

Tips Cara Perawatan Bayi baru lahir Menurut Islam 

Tips Cara Perawatan Bayi baru lahir Menurut Islam baik kita merawat di rumah atau di rumah sakit oleh bidan dan adapun adat jawa semua itu tak lain agar bayi kita yang kita cintai agar terhindar dengan resiko tinggi dan itu sesuai menurut agama islam dan tak lupa pula dalam 6 minggu pertama bayi baru lahir agar cepat sehat dan selalu gemuk dan maupun dengan berat badan rendah dan mengasuh bayi yang mana banyak ibu ibu yang kurang paham bagaimana cara memandikan bayi terkadang cara mengurus bayi pun masih belum paham mudah mudahan ibu ibu baru melahirkan tidak kewalahan dan tetap selalu tersenyum normal nya kitapun akan bahagia amin.

Ilustrasi gambar merawat bayi



Setelah selesai dari rumah bersalin, dan dokter dan perawat yang mendampingi Moms dan Dadspun sudah tidak ada lagi. dirumah sakitpun pada saat itu, terbatasnya waktu dan kesempatan, rata ratanya dokter tidak semua di sampaikan oleh mom dan dad bagaimana seharusnya merawat dan caranya yang benar lakukan dan ketahui.

ibu dan ayah banyak kemudian Karena ketidak tahuan, sering melakukan kesalahan yang membahayakan dan merugikan bayinya.

Ada ibu yang berinisiatif memberikan makanan padat Agar berat badan bayi cepat naik, pada bayinya meski usianya belum 6 bulan. Mereka tidak tahu kalau tindakannya ini bisa mengakibatkan bayi tersedak, memicu alergi dan susah buang air besar pada bayi.

Cotton bud Mom yang membersihkan telinga bayinya menggunakan yang semestinya tidak boleh dilakukan karena dapat merusak gendang telinga bayi.



Merawat dan mengasuh bayi semestinya bisa menyenangkan dan minim masalah jika kita bisa bertindak dengan tepat.

Merawat atau mengurus bayi dengan cara yang salah tidak hanya menambah repot Moms dan Dads tapi juga membahayakan buah hati kita. Membahayakan karena tindakan kita yang salah dapat memperburuk keadaan bayi bahkan bisa mengancam keselamatannya.

Jika di masa ini bayi tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dan cukup, tidak mendapatkan pengasuhan yang tepat, stimuli yang diberikan kurang atau tidak mendapatkan penanganan penyakit yang tepat, ini bisa menjadi kerugian besar bagi kita karena masa ini tidak bisa diulang kembali.

Masa yang singkat ini menentukan perkembangannya kelak terutama perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial, sikap dan prilaku. Di masa ini pertumbuhan dan perkembangannya sangatlah cepat.

Sulit makan, seperti halnya berat badan berlebihadalah masalah serius.

Bayi jadi gampang terkena penyakit karena zat gizi mikro yang masuk seperti besi, zinc, iodium, dan asam folat berkurang. Bayi jadi sulit bertambah berat dan bertambah tinggi karena zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak dan protein asupannya berkurang.
Susah makan mengakibatkan nutrisi yang masuk ke bayi berkurang. Ini akan menjadi pencetus berbagai masalah lain seperti berat badan bayi kurang, pertumbuhan tingginya jadi terhambat dan daya tahan tubuhnya jadi berkurang.


Berat badan berlebih atau obesitas dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti: masalah tulang dan sendi, napas pendek sehingga sulit melakukan aktifitas tertentu, gejala asma menjadi lebih berat, gangguan pernapasan di malam hari serta penyakit hati dan kandung empedu.berat badan yang berlebih atau obesitas adalah ancaman terjadinya gangguan kesehatan baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
Dalam pengasuhan bayi, berbagai permasalahan akan muncul. Moms tidak sendiri karena hampir semua ibu mengalami tekanan dan kesulitan dalam merawat dan membesarkan bayinya. Pada ibu yang baru, ini bahkan akan lebih sulit dijalani.

Penerapan untuk orang tua merawat bayi baru lahir


Merawat bayi baru lahir pada umumnya sering mengalami kelelahan sepanjang hari. dan juga, banyak orang tua terkena tekanan berlebih. Apalagi itu bayi pertama baru memiliki anak yang pertama. hal yang musti pertama yang harus diperhatikan adalah cara orang tua mengelola tekanan yang ada. Tips hal berikut bisa diterapkan untuk mengurangi tekanan saat merawat bayi baru lahir.

  • Hilangkan Rasa Takut
Lucunya buah hati Melihat mungil buah hati, Ibu dan Ayah mungkin akan merasa khawatir tidak mampu merawatnya dengan baik dan seperti apa semestinya. Kecemasan mungkin akan berkurang jika hal tersebut dibicarakan bersama-sama.
Dan juga, tertawa ceria bersama bayi dan pasangan Anda bisa menguraikan ketakutan yang ada. Jangan takut dan tidak percaya diri terhadap rutinitas baru untuk si Kecil, seperti mengganti popok atau ketika menenangkan bayi. Pada awalnya mungkin terkesan kaku, tapi pada akhirnya bisa Anda bisa terbiasa dan menjadi mudah.
  • Jagalah Kondisi Fisik
Meski merawat bayi baru lahir sering dikaitkan dengan kurang tidur, hindarilah mengonsumsi kafein atau makanan pengusir rasa kantuk lainnya. Tetaplah konsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air harian, dan pastikan selalu menghirup udara segar.
Jagalah kesehatan agar tetap bugar tidurlah berbarengan dengan waktu tidur buah hati Anda. Mintalah pasangan untuk menggantikan posisi Anda saat malam hari juga bisa dilakukan. Selain itu, pastikan untuk sesekali mengajak bayi untuk menikmati hal-hal yang menjadi minat Anda. Kebiasaan sehari-hari yang baik bila diterapkan dapat membuat Anda lebih berenergi saat merawat bayi.
  • Pekerjaan Lain sebaiknya Ditunda dulu
Jangan terlalu memaksakan diri untuk menjaga hal-hal yang biasa dilakukan sebelum kelahiran buah hati Anda. Membersihkan seisi rumah dan mencuci pakaian bisa ditunda dahulu agar tidak terlalu lelah saat merawat bayi baru lahir.
Anda juga bisa menghemat energi dengan mengurangi kegiatan yang biasanya membutuhkan waktu lama, seperti memasak. Jika sebelum ada si Kecil Anda terbiasa menyiapkan makan malam yang sempurna.

Related Posts