Ingin Biar Agar Hati Tenang Dan Iklash juga Bahagia

Ingin Biar Agar Hati Tenang Dan Iklash juga Bahagia

Mudah bagi kita mendengarkan nasihat bijak yang mengatakan untuk tetap tenang dan berpikir jernih serta tidak berfokus pada masalah dan tetap berfokus pada solusi.

Hati harta paling berharga
Berusaha mencari solusi tetapi merasa buntu, sehingga jadi pusing sendiri dan hampir tiap saat selalu terpikirkan masalahnya, Stres pikiran adalah kondisi dimana seseorang merasa kalut karena pikirannya terfokus pada permasalahan yang sedang dihadapi.
Tetapi tentu saja mekanisme keajaiban bukan selalu sesuatu yang bersifat magical seperti duit yang jatuh dari langit, atau persoalan tiba-tiba selesai tanpa sebab, Ketika kecemasan berlebihan akibat stres pikiran melanda, seseorang akan sulit berpikir jernih, terkadang berharap solusi ajaib dan instan yang bisa memecahkan persoalannya seketika.
Bagaimana mungkin pikiran dan batin bisa tenang?
ide atau peluang-peluang tersebut cenderung tak terlihat karena tertutup oleh emosi negatif yang mendominasi Seringkali solusi itu berupa ide atau peluang-peluang yang harus ditindak lanjuti. Tetapi dalam keadaan stres pikiran.

Tips Menghilangkan Stres Pikiran Dan Menenangkan Batin


Berpikirlah tenang dan sabar.

Agar stres hilang, tentunya Anda harus mampu minimal mampu melihat problema yang tengah Anda hadapi dari sudut pandang lain yang lebih positif dan memberdayakan. untuk melihat solusinya, Berita baiknya kita bisa melatih diri agar menjadi pribadi yang mampu lebih tenang saat menghadapi masalah sehingga lebih peka dengan solusi-solusi yang sebenarnya sudah tersedia di sekeliling kita.
Melatihnya adalah sebagai berikut:
Tubuh yang sehat cenderung lebih tahan terhadap stres dibandingkan tubuh yang lemah karena kondisi kesehatan yang buruk, alangkah baiknya jika Anda rajin berolahraga, tidak perlu olahraga berat yang penting rutin dilakukan sehingga membuat tubuh Anda lebih sehat dan kuat.
Misalnya jika Anda beragama Islam Anda bisa maksimalkan sholat 5 waktu untuk JEDA sejenak dari problema yang mendominasi pikiran Anda, fokuslah padaNya dan tinggalkan segala urusan duniawi Anda saat sholat, Anda bisa rutinkan juga meditasi di pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Atau disesuaikan dengan agaman Anda, 
Jangan membuat pikiran tambah stres dengan keadaan ruangan yang berantakan. Jika perlu bersihkan ruangan Anda dan niatkan seolah Anda sedang membersihkan pikiran Anda yang kalut, Dalam keadaan pikiran kalut Anda akan tambah kusut ketika melihat meja kerja atau kamar yang berantakan. Seringkali keadaan ruangan tempat kita berada pun mencerminkan kondisi pikiran kita. rapikan tempat kerja Anda serta kamar Anda. 

Berhentilah dulu membaca koran atau menonton televisi

Berhentilah sejenak hadapi dunia nyata.

Jika perlu berhentilah dulu membaca koran atau menonton televisi supaya pikiran Anda tidak terkontaminasi berita-berita negatif, hindari membaca atau menonton berita negatif. Meskipun tidak ada hubungannya dengan problem Anda tetapi berita negatif akan menambah kecemasan yang tidak perlu sehingga hal-hal yang jadi pikiran Anda jadi bertambah lagi. 
Membaca sharing hal-hal positif mereka akan membuat kita bisa lebih positif. Akan lebih baik lagi jika bisa langsung ketemuan dengan orang-orang positif tersebut, karena seringkali pertemuan secara langsung lebih terasa efek positifnya dibandingkan hanya melalui jalur online. Jika selama ini Anda terlalu banyak bergaul dengan orang-orang negatif, maka kurangi atau bahkan sebisa mungkin tinggalkan mereka dan rutinlah berkumpullah dengan orang-orang positif, karena energi itu menular. Jika Anda dikelilingi dengan aura positif maka Anda cenderung akan ketularan positifnya. Saat ini di internet banyak tersedia grup ataupun forum pengembangan diri. 


kegiatan keagamaan


Agama No 1
Rutin ikut kegiatan keagamaan, hingga meningkatkan ibadah dan rajin bersedekah. Lakukanlah hal positif apapun yang menurut Anda bisa membantu mengatasi stres yang membebani pikiran Anda. Masih banyak lagi hal positif lain yang bisa dilakukan seperti liburan ke tempat yang damai, mendengarkan musik-musik klasik yang menenangkan batin.
Maka mungkin Anda butuh bantuan orang lain dalam hal ini seorang terapis. Kami dari Klinik Hipnoterapi Cahaya Hipnoterapi yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya siap untuk membantu Anda. Tetapi jika Anda merasa sulit untuk mengatasi stres pikiran, batin sulit untuk tenang, dan sulit melihat jalan keluar.
Kita harus belajar untuk menenangkan hati dan pikiran kita.apakah memang tidak ada solusi lain dari semua masalah itu? Tentu ada. Anda perlu kembali menjadi tuan atas pikiran anda, Mudah diucapkan dan perlu usaha untuk melakukannya ketika kita merasa semua situasi sangat tidak memungkinkan. anda perlu belajar untuk lebih ikhlas. 
Cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa anda gunakan :

  • Mulailah ubah cara pandang anda dalam menyikapi dan menyelesaikan masalah

Segeralah Melangkah

Dimana tindakan yang selama  ini kita lakukan sama sekali tidak ada hasil. Maka sepanjang kita tidak mengubah cara pandang kita, maka masalah akan selalu nampak sama dan tidak ada jalan keluar. Jika kita masih punya pandangan yang sama dalam menyikapi masalah , maka kita akan melakukan tindakan yang juga kerapkali sama.Albert Einstein berkata bahwa kegilaan adalah jika kita melakukan hal yang sama terus menerus. Jadi mulailah merubah cara pandang anda agar bisa mengatasi pikiran negatif anda. Yang terjadi anda hanya akan menjadi semakin stress. 
Contoh 

Harus bekerja karena anda punya pasangan dan anak. Jika anda punya masalah dengan kerjaan anda karena boss anda orangnya suka sekali marah, sedikit sedikit salah dan selalu anda yang jadi korban kemarahan dan bukan orang lain. Hal ini membuat anda jadi sering merasa takut kalau menghadap boss atau bahkan masuk kerja pun jadi malas , namun Selama ini anda tidak tenang karena selalu mikir nanti dimarahin boss lagi nih, nanti apa lagi yang salah ya? Maka anda coba ubah pikiran anda dengan berpikiran boss anda sedang “kumat” jadi biarin aja dia ngomong dan marah. Dengan cara ini akan lebih membantu anda menenangkan pikiran dan hati anda.
Belajar untuk mulai percaya pada anak anda , daripada hanya mengeluh dan membuat anda semakin sedih dan semakin tidak bisa tidur dan sakit kepala. Jika anda selama ini memikirkan anak anda yang belum mapan, dan anda merasa tidak punya kemampuan finansial lagi untuk membantu dia, maka yang anda dapat anda lakukan adalah belajar percaya bahwa Tuhan sedang memberikan anak anda  soal untuk naik kelas, dan mulai belajar percaya anak anda akan diberikan kekuatan pada waktunya. 


  •  Mulai belajar ambil tanggung jawab sesulit apapun yang diihadapi. 
Kamu Memutuskan

Pasangan atau siapapun atau bahkan keadaan yang tidak menyenangkan yang anda hadapi sekarang ini.Cara menenangkan hati dan pikrian yang kedua adalah mulailah ambil tanggung jawabnya. Jangan lagi selalu menyalahkan orang lain entah orang tua , 
Perut mual terus karena memikirkan pasangannya yang kurang giat bekerja , pasangannya tidak bisa jadi pelindung, kurang ini dan kurang itu. Yang akhirnya,  dia harus ambil alih semua urusan keluarganya. Hal ini membuat dia kepikiran terus kenapa hidupnya seperti ini? Yang terjadi adalah  akhirnya membiarkan hidupnya dalam tangis dan merana.Banyak sekali pasangan yang menjadi stress dan gelisah, perut mual terus karena memikirkan pasangannya yang kurang giat bekerja , pasangannya tidak bisa jadi pelindung, kurang ini dan kurang itu. Yang akhirnya,  dia harus ambil alih semua urusan keluarganya. Hal ini membuat dia kepikiran terus kenapa hidupnya seperti ini? Yang terjadi adalah  akhirnya membiarkan hidupnya dalam tangis dan merana.
 Dengan anda kuat maka finansial akan lebih kuat dan anda bisa lebih memotivasi pasangan kita. Jika ternyata pasangan tidak termotivasi, maka kita perlu pikirkan cara lain lagi ..lagi dan lagi!  Mudah ? Tidak mudah.Biarlah mulai sekarang belajar memikul tanggung jawabnya. Tapi dengan anda lebih kuat, paling tidak anda telah menyelamatkan hidup anda sendiri dengan anda tetap sehat dan tidak mengeluarkan biaya untuk berobat sama sekali!


  •  Melakukan relaksasi
Lihatlah Alamdan Awan Beserta Langit


Maka anda akan merasakan lebih lega dan tenang dan lebih banyak ide ide baru muncul untuk dapat menyelesaikan masalah anda. Lakukan relaksasi pikiran untuk membuat diri anda lebih tenang. membuat hati dan pikiran anda lebih tenang.Dengan relaksasi pikiran yang lebih tepatnya dinamakan hipnoterapi, anda akan merasakan kelegaan dan kemampuan untuk menenangkan hati dan pikiran dengan jauh lebih baik. Melakukan relaksasi adalah cara untuk mengatasi dan menghilangkan stress juga. Selama ini anda terlalu sibuk berpikir sehingga jarang mengistirahatkan hati dan pikiran. Dengan relaksasi pikiran , 

Tambahan Pandangan Islam Ketenangan Hati

Muslim ada Jati diriku
Dirinya belum atau tidak siap dalam menghadapinya, tentu jiwa dan pikirannya akan menjadi guncang dan perkara tersebut sudahlah menjadi fitrah bagi setiap manusia. Pada dasarnya, manusia adalah sesosok makhluk yang paling sering dilanda kecemasan. Ketika seseorang dihadapkan pada suatu masalah. dan lanjutan kajian cara menenangkan hati secara islam dan doa

Yang salah satunya adalah penyakit gelisah itu tadi gelisah, memang satu penyakit hati yang sangat berbahaya namun hampir tidak pernah dipertimbangkan oleh kebanyakan manusia. Hati ini, pada dasarnya telah diciptakan bersih oleh Allah swt bersih dari berbagai macam penyakit. Namun, seiring dengan nafas kehidupan yang terus berhembus dan kian menua dalam rimba kehidupan, perlahan hati pun mulai terkontaminasi, terkotori, dan akhirnya menjadi tempat bersemayamnya berbagai macam penyakit,  Karena, biasanya mereka sudah memiliki cara masing-masing untuk menghilangkan gelisah tersebut. Ada yang menghilangkannya dengan cara-cara yang sesuai atau tidak melanggar syariat, namun banyak pula yang menghilangkan penyakit tersebut dengan cara-cara yang menyimpang dari syariat. Akibatnya, gelisah mereka hilang, dosa pun menerkam.

Jangankan kita sebagai manusia biasa, bahkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam pun pernah mengalami keadaan tersebut pada tahun ke-10 masa kenabiannya. Pada masa yang masyhur dengan ‘amul huzni (tahun duka cita) itu, beliau ditinggal wafat oleh pamannya, Abu Thalib, kemudian dua bulan disusul dengan wafatnya istri yang sangat beliau sayangi, Khadijah bintu Khuwailid. Ya di maklumi saja jika kita sebagai manusia merasakan kegelisahan, gundah gulana, kecemasan ataupun kekhawatiran.
Namun, kita juga mengetahui bahwa segala sesuatu itu ada, tiada, terjadi, dan tidak terjadi hanya karena Allah swt. Allah swt telah menciptakan dan menganugerahkan hati bagi manusia sebagai salah satu perangkat kehidupan yang sangat vital, yang akan membantu melihat dan mendengar seruan Allah swt, yang akan membantunya dapat merasakan apa yang tengah dirasakan oleh orang lain. Dari sana, kita juga tahu bahwa Allah swt-lah yang telah menciptakan penyakit, dan Allah swt-lah yang memiliki penawarnya. Dan satu-satunya penawar yang paling efektif dan tidak bertentangan dengan syariat Islam untuk menangkal atau mengobati penyakit gelisah adalah dengan cara selalu mengingat Allah swt, sebagaimana telah dikatakan dengan jelas oleh Allah swt di dalam Al Quran, yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du : 28)

Dalam keseharian semua orang membutuhkan katenangan hati, dan untuk mendapatkan ketenangan hati bukanlah hal yang mustahil. Allah SWT mengajarkan kepada kita langkah nyata mendapatkan ketenangan hati, yaitu dengan berdzikir, ingatlah, dengan dzikir mengingat Allah hati akan tentram. Sebaliknya, ketika kita jarang ingat kepada Allah,hati akan kering dan gersang.

Di artikel ini, sedikit akan di dipaparkan bagaimana Cara Islami untuk Menenangkan Hati kita yang sedang dalam keadaan gelisah sesuai Syari’at Islam tentunya. Di antaranya adalah :

1.      Sabar

Tersenyumlah

Sabar adalah Hal pertama yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Karena dengan kesabaran itulah seseorang akan lebih bisa menghadapi setiap masalah berat yang mendatanginya. ketika menghadapi cobaan yang tiada henti adalah dengan meneguhkan jiwa dalam bingkai kesabaran. 
Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar” (Qs. Al-Baqarah 153).

Bukankan Allah itu menguji hamba-Nya sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Jika ujian itu datang padanya, berarti Allah yakin kita bisa melewatinya. Allah saja yakin,…Selain menenangkan jiwa, Ujian yang Tuhan berikan kepada kita itu sebenarnya untuk menguji keimanan kita. sabar juga dapat menstabilkan kacaunya akal pikiran akibat beratnya beban yang dihadapi. Jika kita sabar melewai cobaan dan ujian akan meningkatlah level iman kita. 

2.      Adukanlah semua itu kepada Allah

Berdoalah
 Mengadu sangatlah perlu ketika kita berstatus sebagai Hamba Ketika seseorang menghadapi persoalan yang sangat berat, maka sudah pasti akan mencari sesuatu yang dapat dijadikan tempat mengadu dan mencurahkan isi hati yang telah menjadi beban baginya selama ini. Allah sudah mengingatkan hamba-Nya di dalam ayat yang dibaca setiap muslim minimal 17 kali dalam sehari:

“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah 5).

Ketika keluhan itu diadukan kepada Sang Maha Pencipta, maka akan meringankan beban berat yang kita derita. Kalo kita curhat sama teman, mukin malah akan membuka aib kita sendiri.Mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang banyak sekali dalam mengeluh, tentu ketika keluhan itu diadukan kepada Sang Maha Pencipta, maka semua itu akan meringankan beban berat yang selama ini kita derita.
Mukin di antara kalian ada yang lebih milih curhat ma temen. kalo temen kita ember alias gak bisa jaga rahasia, yang ada malah menambah masalah karna aib kita di umbar-umbar. Syukur temen kita bisa bisa dipercaya dan gak menyebar luaskan masalah kita, 

Rasulullah shalallahi alaihi wasallam ketika menghadapi berbagai persoalan pun, maka hal yang akan beliau lakukan adalah mengadu ujian tersebut kepada Allah Ta’ala. Karena hanya Allah lah tempat bergantung bagi setiap makhluk.

3.      Positive thinking

Berpikirlah Jernih dan positif
Pastilah mempunyai jalan yang lebih baik dan jalan keluar  yang sudah ditetapkan oleh Allah Ta’ala. Akan selalu ada jalan jika kita percaya kalo Allah swt akan menoong kita. Positive thinking atau berpikir positif, perkara tersebut sangatlah membantu kita untuk mengatasi rasa galau yang sedang kita rasa. Karena dengan berpikir positif, maka segala bentuk-bentuk kesukaran dan beban yang ada dalam diri kita menjadi terobati karena adanya sikap bahwa segala yang maslah yang dihadapi,jangan pernah suudzhon sama Sang pencipta.   Intinya, kita haarus selalu berfikir positif sama Allah.Ini sejalan dengan firman Allah swta dalam ayat berikut;
“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Qs Al-Insyirah 5-6).
Ini janji Allah di dalam Al-Qur’an. Akan selallu ada kemudahan di setiap kesulitan. Masih ragu juga sama janji Allah.

4.      Dzikrullah (Mengingat Allah)

Dzikrullah Adalah Untukmu

Dzikir hati yang tenang tidak hanya dilakukan sebatas ucapan lisan dan atau hati saja. Dzikir kepada Allah swt merupakan rangkaian aktivitas yang melibatkan segenap hati, lisan, dan juga perbuatan. Satu hal yang harus diingat adalah, untuk dapat selalu mengingat Allah swt dan berhasil menghapus atau menangkal rasa gelisah, Tanpa bersatunya ketiga aspek tersebut, maka sulit pula atau bahkan tidak mungkin bagi hati kita untuk bersatu dengan Allah swt. Karena dengan mengingat Allah segala persoalan yang dihadapi, maka jiwa akan menghadapinya lebih tenang. Sehingga rasa galau yang ada dalam diri bisa perlahan-perlahan dihilangkan.
Ini yang paling penting. Orang yang senantiasa mengingat Allah Ta’ala dalam segala hal yang dikerjakan. Tentunya akan menjadikan nilai positif bagi dirinya, terutama dalam jiwanya. Dan sudah merupakan janji Allah Ta’ala, bagi siapa saja yang mengingatnya, maka didalam hatinya pastilah terisi dengan ketenteraman-ketenteraman yang tidak bisa didapatkan melainkan hanya dengan mengingat-Nya.

5.      Sholat
Sholat Kewajibanmu

Sholat merupakan ibadah yang totalitas hanya mengingat kepada Allah swt, yang secara total juga hanya diisi dengan kalimat-kalimat dzikrullah,Sholat yang merupakan ibadah paling utama bagi umat muslim juga merupakan salah satu sarana penangkal dan penawar berbagai macam penyakit hati yang bersarang di dalam dada manusia. Jelas saja,  ayat-ayat Allah swt.Allah berfirman :
“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” (QS.Az Zumar : 23)
Bersabar, mengadu kepada Allah, berpikir positif, Dzikrullah, dan sholat adalah solusi segala persoalan, termasuk masalah penyakit hati termasuk rasa gelisa, resah, gundah, gulana, galau ato papun itu. Sholat merupakan aktivitas komunikasi langsung dengan Allah swt, Zat yang menggenggam dan menguasai segala hati, yang menciptakan penyakit dan yang menyembuhkannya tanpa rasa sakit. Jika seseorang telah terhubung dan berkomunikasi dengan Allah swt secara langsung dalam sholat yang khusyuk, maka mustahil baginya terserang penyakit gelisah. Karena gelisah menyerang hati, dan Allah swt-lah yang menggenggam dan menguasai segala hati.
Sebagaimana firman-Nya:
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram” (Qs Ar-Ra’du 28).
Berbeda dengan orang-orang yang lalai kepada Allah, yang di mana jiwa-jiwa mereka hanya terisi dengan rasa kegelisahan, galau, serta kecemasan semata. Tanpa ada sama sekali yang bisa menenangkan jiwa-Nya.Tentunya, sesudah mengetahui tentang faktor-faktor yang dapat mengatasi persoalan galau, maka jadilah orang yang selalu dekat kepada Allah Ta’ala. Bersabar, berpikir positif, mengingat Allah, serta mengadukan semua persoalan kepada-Nya merupakan kunci dari segala persoalan yang sedang dihadapi. Maka dari itu, Janganlah galau, karena sesungguhnya Allah bersama kita. baca lebih lanjut di article ini sperti apa kedamaian dan tenang itu kajian lebih dari ketenangan hati berdasarkan agama islam.

 sumber : diarikupribadi dan viosixwey dll.

Related Posts