Ciri Ciri Orang beriman dalam islam

Ciri Ciri Orang beriman dalam islam

             Orang beriman dalam islam mereka adalah orang yang mampu bertahan dan melawan semua rintangan dan cobaan yang tak hentinya di berikan oleh allah, semakin berat cobaan mereka semakin tinggi derajat orang beriman, orang beriman berarti yakin sepenuhnya adalah kehendak allah dan kekuasaan allah dan semua itu terbaik untuk hidup mereka baik dalam keadaan susah maupun dalam keadaan berada (tidak susah) dan mereka melakukan semua yang di perintahkan oleh allah dan meyakini semua baik dari para rosul dan nabi dan juga hal ghaib (akhirat) tiada kehendak kecuali itu kehendak allah, dan mereka sangat yakin akan pertolongan allah sangat dekat seberat apapun cobaan mereka karna mereka tiadalah mengharapkan balasan untuk mereka yang mereka ingini hanyalah ridho dan cinta allah terhadap dirinya itulah tujuan mereka agar menjadi orang orang di muliakan oleh allah dan dekat dengan allah.


Balasan terhadap orang orang yang beriman.


            Inilah balasan dari allah terhadap orang yang beriman

Sesuai firman allah

            Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Setiap kali mereka diberi rejeki buah buahan dari surga, mereka berkata, “inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah buahan) yang serupa. Dan disana mereka (memperoleh) pasangan pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.(albaqarah.25)

            Pada akhirnya sesuatu kebaikkan pasti akan di balas kebaikan oleh allah baik di dunia maupun di akhirat dan itu sangat mahal, karna kebaikkan bukanlah hal yang mudah, kebaikkan sejati hanya bisa di lakukan oleh orang beriman yang sebenar benar beriman mereka tak lain melakukan kebaikkan dan perintah allah tujuan satu satunya hanya ingin mendapatkan ridho allah. Dan kebanyakkan manusia pada sekarang ini sesuatu yang berbuat kebaikkan selalu di bilang bilang ke orang bahkan di publish di media media bahwa mereka baik, malulah kita sebagai orang islam dan seiman karna allah menilai kebaikkan manusia dari hati dan niat.

            Mereka (orang beriman) akan di balasi surge surge yang mengalir di sungai sungai dan di berikan semua rejeki termasuk pasangan yang suci,(istri dan bidadari). Merekalah orang orang yang beruntung baik di dunia dan akhirat, karna allah sangat menyayangi hambanya mereka ini tak akan allah sia siakan, allah akan membalasi setiap kebaikkan dan kebajikan yang di buat oleh orang beriman tulus karna allah, baik dalam langkah mereka, keliatan mereka susah dan serba payah, apa kalian tidak menerka kenapa mereka tidak merasakan susah dan payah ? karna allah memberi sesuatu yang tidak akan kalian beli dan dapatkan begitu mudah di muka bumi ini yaitu sesuatu yang paling berharga dan nilainya tinggi, yaitu hati yang selalu bahagia dan ketenangan luar biasa tanpa gelisah hati seperti ini apapun cobaannya mereka tidak akan gentar malah tersenyum bahwa allah selalu saja memperhatikan dia dan selalu menyayangi dia karna setiap sesuatu terjadi mereka pasti mengingat allah dan dekat dengan allah. Hati orang beriman itu benar benar putih dan murni bersihnya mereka selalu berbuat kebaikkan dan selalu melangkah tersenyum dan seperti apapun kalian (orang yang jauh dari rahmat allah) mengejek,menghina,membanggakan diri, mereka tidak akan pengaruh karna mereka melangkah dan hidup dengan allah, lalu apa yang kalian banggakan dan sombong di depan orang beriman ? apalagi dengan tuhan kalian. Itulah harta paling berharga di dunia dan akhirat yaitu hati yang selalu dekat dengan allah dan yakin itu semua terbaik dan kehendak allah dalam hidup mereka yaitu hati orang beriman.

Cara mendapatkan hati yang tenang dan beriman.


            Hati yang tenang dan beriman selalu di liputi rasa bahagia tanpa keraguan atas kehendak allah dan melangkah tersenyum bahagia seperti apapun susahnya kehidupan mereka di dunia ini, miskin harta, susah kehidupan, tidak merekasan apa yang kalian rasakan, mereka tidak peduli dengan keangkuhan dunia ini, mereka hanya mengambil sebagian kecil dunia ini merekalah orang beriman, sekaya apapun kalian dan setajir apapun kalian dan secantik dan ganteng apapun kalian dan semewah apapun kalian, mereka tidak menginginkan itu kalaulah itu membuat mereka jauh dengan allah. Karna mereka sangat takut kalaulah allah murka terhadap mereka (orang beriman) dan mereka yakin bahwa apapun yang terjadi bahwa emang allah ini menginginkan ini untuk dia dan baik untuk dia, kalaulah harta allah beri terhadap mereka bisa jadi mereka akan menjadi kafir dan lari dari jalan allah dan allah selalu saja memberikan secukupnya untuk orang beriman atau sebaliknya, karna allah maha tahu dan bijak sana ada orang yang mengingat allah ketika susah dan ada yang ingat ketika berada, dan allah menguji mereka dan mana yang terbaik dari mereka itulah mereka benar benar beriman dan mendapakan hadiah yang no 1 yaitu hati yang tenang dan bahagia, karna semua itu ketentuan allah. Selagi mereka melakukan syariat (melakukan perintah dan larangan allah) dan kenyataannya hidup mereka masih seperti itu, tenanglah saudaraku bukanlah allah yang tidak memperhatikan kamu, tetapi allah tau itu yang terbaik buatmu,. Allah akan membuat orang beriman selalu bahagia baik di dunia dan akhirat selagi tidak melawan atas kehendak allah dan masuk sempurna kedalam ajaran allah secara sempurna (islam) merekalah orang yang berbahagia.

Tips hati untuk mendapatkan hati tersebut
            1 janganlah pernah berpikir bahwa itu buruk buat hidupmu
            2 semua adalah kehendak allah maka bersukurlah
            3 selalulah mengingat allah setiap kamu mengambil nafas dalam hidupmu
            4 perbanyak istigfar karna manusia tidak luput dari kesalahan
            5 janganlah merasa lemah dan putus asa karna kalian (orang beriman) derajatnya tinggi dimata allah tidak sama dengan manusia lain karna kalian kekasih allah.
            6 pertolongan allah sangat dekat janganlah gundah dan pesimis
            7 tetap istiqomah melakukan kebaikan dan kebajikan
            8 perbaiki aklak dan aqidah dan yang terpenting adalah bacalah alquran dalam sehari walaupun satu ayat.
            9 jauhi pergaulan yang membikin kalian lupa diri dan buat keburukan lagi,
            10 bertemanlah dengan orang yang seiman dan seyakin dan sebaik kalian karna itu lebih baik buat kalian.

            Marilah kita tengok lagi firman allah di dalam surat albaqarah ayat agar semakin mantap keyakinan kita dalam melangkah.

Allah berfirman

            Jangan sekali kali kamu teperdaya oleh kegiatan orang orang kafir (yang bergerak) di seluruh negeri.albaqarah.196

            Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat kembali mereka ialah neraka jahannam.(ja-hannam) itu seburuk buruk tempat tinggal.albaqarah.197

            Tetapi orang orang yang bertakwa kepada tuhannya, mereka akan mendapat surga surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai, mereka kekal didalamnya sebagai karunia dari allah. Dan apa yang di sisi allah lebih baik bagi orang orang yang berbakti.albaqarah.198

            Wahai orang orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada allah agar kamu beruntung.albaqarah.200

            Karna taklain kesenangan sementara bagi orang orang kafir dan kebahagiaan abadi bagi orang orang mukmin. Janganlah kita selalu terperdaya oleh kesenangan sementara dan menghilangkan kesadaran kita, ketika kita melakukan salah dan khilaf selalulah beristigfar dan niatkan untuk tidak akan melakukan lagi takutlah sama allah dan selalulah berbuat kebaikkan dan kebajikkan agar kita termasuk orang yang beriman di mata allah dan sempurna dalam islam, tinggalkan semua larangan allah baik kecil sekecil apapun hindarilah agar hati kita selalu dalam ketenangan dan damai apakah kalian tidak kasihan dengan hati kalian saudaraku ? karna ketika kita jauh dari agama dan mulai sesat di jalan hati kita sebenar benarnya kesakitan dan menjarit dan berpengaruh terhadap diri sendiri, dan parahnya sebagian manusia di jerumuskan sama allah agar tidak merasakan hall itu terhadapnya jadilah mereka manusia yang merugi. Selalulah berpikir positif hindari kesedihan, tataplah kedepan janganlah selalu memikirkan masa kelam dan masa lalu, pandanglah kedepan mulailah berubah walaupun sedikit dan tak begitu besar, ingat bahwa langkah awal dan langkah demi langkah, lama lama akan menjadi jauh dan mantap. Selalululah berusa setiap yang kita lakukan oleh kita adalah agar di ridhoi allah dan semua karna allah. Maafkata dan manusia tak luput dari kesalahan silahkan di beri komentar di bawah atau kritikan yang bersifat membangun insyallah karna kita sama sama belajar :D (assalamualaikum,by viosixwey)

                        

Related Posts