10 Cara untuk Meningkatkan Anak Anda

10 Cara untuk Meningkatkan Anak Anda 



Positif harga diri adalah dasar emosional dan kesejahteraan psikologis anak. Ini secara signifikan mempengaruhi kemampuan mereka untuk membentuk hubungan yang bermakna, dan seberapa sukses mereka akademis dan, pada akhirnya, dalam karir yang mereka pilih.

Pada artikel ini, kita melihat 10 hal yang dapat Anda lakukan sebagai orangtua untuk membantu meningkatkan harga diri anak Anda.

1. Jadilah Konsisten

Anak-anak berkembang pada stabilitas dan prediktabilitas. Hal ini memungkinkan mereka untuk merasa aman dan aman. Anak-anak juga perlu batas tegas, sehingga mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda konsisten dalam menegakkan batas-batas tersebut. Jika tidak, anak-anak menerima pesan campuran, dan ini membuat mereka merasa tidak pasti dan tidak aman.

2. Fokus pada Perilaku, bukan Anak

Hindari label anak "baik" atau "buruk", dan berfokus pada perilaku yang ada di masalah. Jika seorang anak secara teratur mengatakan bahwa mereka adalah "nakal" atau "buruk", maka mereka cenderung mulai bersikap sesuai dengan label itu. Sebaliknya, label anak "baik" tidak mungkin untuk menghasilkan hasil yang diinginkan, karena label tidak spesifik dan tidak terukur (lebih di bawah ini).

Sebaliknya, fokus pada menggambarkan perilaku, bukan anak. Jadilah spesifik tentang apa yang Anda mendorong, atau ingin mencegah. Hal ini juga membantu untuk meyakinkan anak Anda bahwa, terlepas dari perilaku mereka, Anda selalu akan mencintai mereka tanpa syarat.

3. Perlakukan anak Anda dengan hormat

Cara terbaik untuk mendorong anak Anda untuk mengobati orang tua mereka, dan lain-lain, dengan hormat, adalah untuk Anda untuk model perilaku yang dalam hubungan Anda dengan mereka. Seorang anak yang diperlakukan dengan hormat lebih cenderung bersikap hormat kepada orang lain.

4. Validasi perasaan dan emosi anak Anda

Anak-anak dapat menjadi bingung tentang hal-hal yang tampaknya sangat tidak signifikan kepada kita sebagai orang dewasa. Namun demikian, penting bahwa kita mengakui keabsahan emosi anak-anak kita, dan menyediakan mereka dengan kenyamanan, jaminan, dan bimbingan untuk bagaimana mengelola "perasaan besar" mereka. Hal ini penting jika anak-anak untuk akhirnya belajar bagaimana mengatur diri emosi mereka sendiri.

5. Berikan Anak Anda sebuah Pilihan

Jika memungkinkan, berikan anak Anda pilihan daripada mendikte apa yang harus mereka lakukan. Ini jauh lebih memberdayakan bagi seorang anak, dan memberikan mereka dengan rasa tanggung jawab untuk keputusan-keputusan yang mereka buat, dan hasil mereka.

6. Berikan banyak dekapan

Yang satu ini cukup jelas! Cuddling membantu memperkuat ikatan orangtua-anak dan merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan anak Anda betapa Anda mencintai mereka. Untuk koin pepatah terkenal, tindakan berbicara seribu kata.

7. Hadir

Sisihkan periode waktu di mana Anda memberikan anak Anda perhatian penuh Anda. Ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa mereka penting dalam hak mereka sendiri.

Hidup ini sibuk, dan tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari untuk mendapatkan semua yang dilakukan. Jadi, sangat mudah untuk menemukan diri Anda menanggapi anak Anda dengan kata-kata seperti, "Aku akan dengan Anda dalam satu menit" atau, "Saya baru saja melakukan ini dulu." Dalam situasi ini, itu benar-benar penting untuk menindaklanjuti dengan janji-janji Anda. Jika tidak, pesan Anda mengirim anak Anda, adalah bahwa mereka tidak menjadi prioritas untuk Anda. Jika kita melakukan ini terlalu sering, hal itu dapat berdampak detrimentally pada anak-anak kita harga diri. Jadi, melakukan upaya untuk menempatkan waktu disisihkan untuk anak-anak Anda. Ini akan membayar dividen sejauh meningkatkan harga diri anak Anda yang bersangkutan.

8. Imbalan lebih efektif daripada Hukuman

Jika memungkinkan, fokus pada menguntungkan atau memuji anak Anda daripada mencela mereka. Pada anak-anak yang lebih muda, penguatan positif adalah strategi yang jauh lebih efektif daripada hukuman. Selanjutnya, pujian yang efektif dapat meningkatkan motivasi diri anak. Hal ini karena pengalaman positif dari dipuji atas usaha mereka mendorong anak untuk meniru perilaku ini di masa depan.

Pujian efektif adalah terukur dan spesifik.

Bentuk yang paling efektif pujian melibatkan kata-kata yang jujur ​​dan spontan dorongan yang berfokus pada upaya anak Anda, bukan pada hasil.

Jadi, misalnya, mengatakan kepada seorang anak,


"Aku benar-benar menyukai cara Anda bekerja sangat keras untuk membereskan kamar Anda"
berfokus pada dan memuji upaya, dan spesifik dan terukur. Anak bisa, karena itu, mereproduksi perilaku dan kemungkinan untuk melakukannya, karena pengalaman memiliki hasil yang positif. Di sisi lain, mengatakan kepada seorang anak,


"Kau seperti anak yang baik"
yang tidak terukur atau spesifik. anak tidak tahu bagaimana untuk mereproduksi hasil yang mengakibatkan pujian. Sekarang ada harapan bahwa anak itu tidak dapat memenuhi, sehingga ia merasa gagal.

9. Berikan tanggung jawab anak Anda

Membantu dengan pekerjaan rumah tangga memungkinkan seorang anak untuk merasa bahwa mereka adalah anggota terhormat dari keluarga. Pastikan pekerjaan Anda memberikan anak Anda dapat dikelola sehingga mereka mengalami rasa prestasi ketika mereka mencapai mereka.

Sementara beberapa pekerjaan dapat dianggap sebagai bagian dari kontribusi bagi unit keluarga, orang lain bisa dianggap ekstra. Anda mungkin memutuskan bahwa anak-anak Anda bisa mendapatkan uang saku ketika mereka menyelesaikan tugas-tugas tambahan. Ini adalah cara yang bagus bagi mereka untuk belajar nilai uang.

10. Biarkan anak Anda untuk mengambil risiko yang sehat

Mengambil risiko yang sehat merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Ketika seorang anak mengambil risiko dan berhasil, mereka mengalami rasa kegembiraan dan prestasi. Jika hasilnya tidak positif, maka anak belajar pelajaran berharga. Either way, itu adalah pengalaman belajar yang penting bagi anak.

Kesimpulan

Orang tua memainkan peran penting ketika datang ke pengembangan diri anak mereka. Seorang anak dibesarkan dengan positif harga diri menerima paspor untuk masa depan yang bahagia dan sukses. Apa hadiah yang lebih besar dapat orangtua berikan kepada anak?

Sebelumnya pengacara London, Sharon Henderson pindah ke Selandia Baru, di mana ia dilatih ulang sebagai guru sekolah menengah, mengajar bahasa Inggris, Bisnis dan Ilmu Hukum di dua sekolah Auckland.

Related Posts