umat islam di padang mahsyar dalam alquran

sebagaimana telah disebutkan dalam sebuah hadits,bahwa jasad jasad dari dalam bumi menjadi tumbuh laksana sayuran. lalu mereka keluar dari dalam bumi dan berjalan menuju suara malaikat penyeru. saat itu, sejauh mata memandang,bumi telah berubah menjadi tanah lapang yang serba rata. tidak ada tanh yang tinggi, dan tidak ada yang rendah, sebagaimana digambarkan dalam kitab suci al quran. itulah yang dinamakan padang mahsyar. tempat pengadilan umat manusia di akhirat.

umat manusia berjalan menuju padang mahsyar yang berpasir putih keperakan atau bertanah putih mengkilat. sebagaimana riwayat hadits dari abu hazim, dari sahl bin sa'ad,bahwa nabi s.a.w bersabda,
"umat manusia dikumpulkan pada hari kiamat di tanah putih mengkilap bagai keingan sumsum,tidak ada tanda apa pun padanya yang bisa dikenali seseorang."(H.R Bukhari dan muslim)

mereka berjalan di atas tanah putih itu tanpa menggunakan alas kaki, tidak berpakaian,dan tidak dikhitan. gambaran seperti ini berdasarkan hadits riwayat ahmad dari aisyah r.a,bahwa rasulullah s.a.w bersabda,"pada hari kiamat kelak umat manusia akan dibangkitkan dalam keadaan tanpa alas kaki, telanjang, dan tidak di khitan," perawi hadits ini berkata, maka aisyah bertanya, "ya rasulullah, bagaimana halnya dengan aurat?" beliau menjawab (dengan membacakan ayat),

"setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkan."(Qs abasa (80):37)
dalam riwayat lain disubtkan, "aisyah r.a berkata, 'wahai rasulullah, seluruh laki laki dan perempuan seperti itu? sebagaimana mereka melihat sebagaian lainnya?' rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,"hai aisyah ,apa yang terjadi lebih dahsyat daripada sebagian umat manusia melihat kepada sebagian lainnya."
(H.R Bukhari,muslim,dan nasaa'i)

konon hamba allah yang pertama kali diberi pakaian adalah nabi ibrahim a.s.imam ahmad meriwayatkan,bahwa perawi hadits ini berkata, aku mendengar ibnu abbas berkata, rasullulah s.a.w bersabda,

"manusia akan dikumpulkan (di hadapan allah) dalam keadaan tanpa alas kaki,telanjang dan tidak dikhitan,(sebagaimana difirmankan allah ta'ala), 'sebagaimana kami telah memulai penciptaan yang pertama, begitu kami akan mengulanginya'."(Qs. al anbiyaa'(21) :104)

dan ketahuilah,sesungguhnya orang  yang pertama tama diberi pakaian adalah ibrahim (H.R Ahmad)

sebagaimana yang telah disingguh sebelumnya,bahwa umat manusia berjalan menuju padang mahsyar untuk berkumpul menghadap ke hadirat allah yang maha esa lagi maha perkasa. mereka berjalan berhamburan laksana belalang yang beterbangann. sungguh suatu peristiwa yang membuat mata mereka terbelalak. pemandangan di padang mahsyar sama sekali belum pernah mereka saksikan sebelumnya.

dengan hati berdebar debar dan pikiran kalut, mereka terus menerus dihantui perasaan yang mencekam. apa yang sedang terjadi? dan apa pula yang bakal terjadi? pertanyaan pertanyaan tersebut terus menerus berkecamuk dalam pikiran mereka. wajah mereka nampa sangat tegang. jiwa mereka sangat tertekan. semua kondisi tersebut membuat mereka lupa akan kondisi dirinya yang telanjang,tak beralas kaki,dan tidak berkhitan. mereka juga tidak begitu mempedulikan orang rang di sekelilingnya. padahal, di antara kerumunan umat manusia yang sangat penuh dan sangat sesak itu ada suami,anak,istri,mertua,atau karib kerabat yang sangat dekat hubungan dengan dirinya saat hidup di dunia. akan tetapi,karena begitu mencekam dan begitu dahsyatnya suasana di padang mahsyar itu, membuat mereka lupa diri dan seolah olah lupa kepada orang orang yang pernah dikenalnya. mereka sibuk dengan pikiran dan perasaannya masing masing. pikiran dan perasaan yang sungguh sungguh mencekam.

namun di balik suasana yang mencekam jiwa tersebut, ada sebuah bberita gembira bagi orang orang beriman dan bertakwa. di saat saat yang sulit tersebut, para malaikat menemui mereka untuk menyampaikan kabar gembira, dengan mengatakan,

"inilah hari kalian yang pernah dijanjikan kepada kamu sekalian." (Qs.Al anbiyaa'(21) : 103)
para malaikat pun menyambut orang orang beriman dengan mengendarai hewan kendaraan akhirat yang atasnya terdapat pelana dari emas. kemudian mereka mengendarai kendaraan tersebut untuk pergi menuju padang mahsyar.

allah s.w.t berfirman,

"(ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang orang yang bertakwa kepada tuhan yang maha pemurah sebagai perutusan yang terhormat," (Qs.Maryam (19):85)

sementara orang orang kafir,mereka berjalan di atas wajah mereka. sementara mereka dalam keadaan buta,bisu dan tuli. allah azza wa jalla berfirman,

"dan kami mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) di atas wajah mereka dalam keadaan buta,bisu, dan tuli." (Qs. al isra' (17):97)

dalam sebuat hadits disebutkan,

"ditanyakan,wahai rasulullah,bagaimana mereka berjalan di atas wajah mereka? rasulullah s.a.w bersabda, 'bukankah dzat yang mebuat mereka berjalan dengan kaki di dunia juga sanggup membuat mereka berjalan di atas wajah mereka sendiri?." (H.R Bukhari dan Muslim)

demikianlah gambaran tentang perjalanan menuju padang mahsyar.dari keterangan nash nash al quran dan hadits di atas, jelas kiranya bahwa peristiwa peristiwa mencekam dan melelahkan tersebut benar benar terjadi. semoga kita semua dimudahkan oleh allah azza wa jalla dala menempuh perjalanan di alam padang mahsyar nanti.sumber http://viosixwey.blogspot.com

Related Posts