Imam Mahdi 2015



Nama lengkapnya addalah Muhammad bin abdillah al alawi al fathimi al hasani. Imam mahdi berasal dari keluarga nabi Muhammad s.a.w namanya sama dengan nabi Muhammad s.a.w begitu juga bapaknya, sama dengan nama bapak nabi Muhammad s.a.w, yaitu Abdullah.
                Banyak riwayat riwayat hadits yang menginformasikan tentang keberadaan Imam mahdi. Kaum muslim wajib mempercayainya, karena berita berita tentang imam mahdi tersebut berasal dari nabi dan rasul al amin, Muhammad rasulullah s.a.w
                Diriwayatkan dari ummul mikminin ummu salamah r.a,ia berkata, “saya mendengar rasullulah s.a.w bersabda,
                “al mmahdi itu berasal dari keturunanku dari anak cucu fathimah.”(H.R Abu daud)
                Diriwayatkan dari ali r.a, ia berkata bahwa rasulullah s.a.w pernah bersabda,
“imam mahdi itu berasal dari kalangan ahlulbait, allah akan memperbaiki keadaannya dalam satu malam.”
(H.R.Ahmad dan ibnu majah,disahihkan oleh albani)
                Diriwayatkan dari abu sa’id al khudri r.a, ia berkata bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“imam mahdi itu berasal dariku,dahinya lebar,hidungnya mancung.ia memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi dipenuhi dengan tidak keadilan,dan ia berkuasa selama tujuh tahun.”(H.R.Abu Daut)
                Maksud dari ajla al jabbah dalam hadits di atas, yaitu “dahi atau kening yang lebar”. Ada pula yang mengartikan “dahi yang tidak berambut.”
                Dari ibnu mas’ud r.a, ia berkata bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“jika usia dunia tinggal satu hari, maka allah memanjangkannya hingga dia mengutus satu orang dariku,atau dari keluargaku.namanya sama dengan namaku, nama ayahnya sama dengan nama ayahku, dan ia memenuhi dunia dengan keadilan,sebagaimana dunia dipenuhi dengan ketidakadilan.”(H.R Abu Daud)
                Sementara itu,ali r.a meriwayatkan bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“kalaupun umur dunia ini tinggal satu hari lagi,namun allah tetap akan membengkitkan seorang laki laki dari kami,yang memenuhi dunia dengan keadilan,sebagaimana telah dipenuhi dengan kezhaliman.” (H.R. Abu daud dan tirmidzi,dikatakan oleh tirmidzi bahwa hadits ini hasan sahih)
                Diriwayatkan dari ibnu ishaq,dia berkata bahwa ali r.a pernah berkata sambil memandang kepada anaknya, al hasan. Ali berkata,

“sesungguhnya anakku ini pemimpin,sebagaimana dinyatakan oleh nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan akan keluar dari tulang punggungnya seorang lelaki yang bernama seperti nama nabi kalian.lelaki itu menyerupai beliau dalam rupanya.” (H.R Abu daud)
                Setelah itu ali r.a menceritakan kisah bagaimana imam mahdi memenuhi bumi ini dengan keadilan.
                Diriwayatkan dari jabir r.a, ia berkata bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“di akhir umatku aka nada seorang khalifah yang meraup harta tanpa menghitungnya.”(H.R Muslim)
                Sementara itu,Abdullah bin mas’ud r.a pernah berkata, bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“dunia tidak akan musnah hingga bangsa arab diperintahkan oleh seorang lelaki dari ahlubaitku,namanya persis dengan namaku.”(H.R Ahmad dan tirmidzi)
                Diriwayatkan dari abdullah,dia berkata, “suatu ketika kami berada di sisi rasulullah s.a.w tiba tiba air mata beliau berlinang dan roman mukanya menjadi pucat.” Abdullah melanjutkan riwayatnya, “aku berkata, ‘kami terus menerus melihat di wajah engkau sesuatu yang tidak kami sukai.’.lalu rasulullah s.a.w bersabda,
                ‘sesungguhnya kami adalah keluarga yang dipilih oleh allah untuk akhirat,hingga datanglah suatu kaum dari arah timur. Mereka membawa bendera bendera hitam lalu meminta roti, tetapi masyarakat tidak memberinya. Oleh sebab itu, mereka memerangi (masyarakat itu) sampai menang dan diberi apa yang mereka minta. Akan tetapi mereka tidak menerimanya, sehingga mereka serahkan dunia ini kepada seorang lelaki dari keluargaku, lalu laki laki itu memenuhinya dengan keadilan,sebagaimana telah dipenuhi dengan kezaliman. Maka barangsiapa di antara kamu sekalian yang mengalami zaman itu, hendaklah datang kepada kaum tersebut, meskipun harus merangkak di atas salju’.” (H.R. Ibnu Majah)
                Perlu ditegaskan bahwa hadits hadits tentang almahdi telah mencapai derajat mutawir maknawi. Hadit hadits tersebut cukup popular dikalangan ulama sunnah. Sementara itu, syaikh abdul aziz bin baz berkomentar, “wacana tentang imam mahdi cukup popular. Banyak hadits yang berbicara tentangnya.bahkan hadits hadits tersebut bersifat mutawir dan saling menguatkan satu sama lainnya.banyak ulama yang menyatakan keutawatirannya. Kemutawatirannya bersifat maknawi,karena banyaknya jalur periwayatannya dan berbeda beda nara sumber,sahabat,para perawi dan redaksinya.semua hadits tersebut benar benar menunjukkan bahwa sosok yang dijanjikan itu adalah pasti.kemunculannya benar benar terjadi.namanya yaitu Muhammad bin abdillah al alawi al hasani, dari keturunan hasan bin ali bin abi thalib r.a.imam imam mahdi ini merupakan salah satu perwujudan kasih sayang allah azza wajalla terhadap umat islam di akhir zaman. Ia muncul lantas menegakkan kebenaran dan keadilan,mencegah kezaliman dan ketidakadiilan.dengan kehadirannya allah menyebarluaskan panji keadilan,petunjuk,taufik, dan bimbingan di tengah tengah manusia…”
                Abdul aziz bin baz telah meneliti banyak hadits mengenai figure imam mahdi. Beliau pun sependapat dengan syaukani, ibnul qayyim, dan para ulama lainnya,bahwa ada sebagian dari hadits hadits tentang imam mahdi yang berderajat sahih,hasan,dha’if tetapi dikuatkan oleh riwayat riwayat lain,dan adapula yang maudhu’.menurut beliau,cukuplah hadits hadits yang sanadnya cukup kuat, baik itu hadits yang shahih lidzatih,shahih lighairih,hasan lidzatib maupun hasan lighairih. Begitu pula hadits hadits dha’if apabila saling menguatkan antara satu riwayat dengan riwayat lainnya.semua itu merupakan hujah bagi para ulama.sebenarnya, sebagian besar ulama yang hampir merupakan suatu kesepakatan,bahwa persoalan imam mahdi merupakan hal yang pasti dan haq adanya. Ia akan muncul di akhir masa. Bagi siapa yang berpendapat menyimpang dari hujah para ulama tersebut,maka argumentasinya tentang hal tersebut tidak perlu dihiraukan.
                Sementara itu,syaukani berkata, “hadits hadits mutawir yang berkaitan dengan al muntazhar bisa di temukan di antaranya adalah 50 hadits. Sebagian hadits tersebut merupakan hadits sahih, hasan, dan ada yang dhaif tetapi menjadi kuat oleh riwayat lain. Jelaslah kiranya bahwa hadit hadits ini adalah mutawatir. Hal tersebut tidak diragukan lagi.bahkan, kemutawatiran hadits bisa dikukuhkan untuk hadits hadits yang jalur periwayatannya kurang dari itu, sesuai dengan istilah istilah yang dikenal dalam ilmu ushul. Adapun banyaknya atsar dari para sahabat yang menyatakan secara jelas tentang imam mahdi, hukumnya adalah seperti hukumnya yang marfu’, sebab hal ini menyangkut persoalan yang tidak member ruang ijtihad.”
                Dari berbagai hadits nabi s.a.w dan atsar para sahabat, figur imam mahdi itu mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1 ia bernama Muhammad bin Abdullah al alawi al fathimi al hasani.
2 nama populernya adalah imam mahdi.
3 nama panggilannya adalah abu Abdullah.
4 ia diberi gelar al jabir,kerena kemunculannya sebagai penghiburnya hati umat islam, menumpas kaum yang sombong dan zalim.
5 nasab atau keturunannya berasal dari keluarga nabi Muhammad s.a.w,yaitu dari anak keturunan al hasan bin fathimah binti rasulullah s.a.w
6 tempat kelahirannya di madinah al munawwarah.
7 ia muncul saat berusia 40 tahun.
8 masa berkuasanya selama 7,8, atau 9 tahun.
9 tubuhnya tidak tinggi dan tidak pula pendek
10 warna kulitnya merah
11 dahinya lebar
12 hidungnya mancung
13 kedua alisnya sangat lembut.
14 berjenggot tebal
15 giginya berkilau putih.
16 bergerak seperti nabi Muhammad s.a.w
17 mukanya tidak mirip dengan nabi Muhammad s.a.w
18 ia muncul pada akhhir zaman ketika akhlak anusia menjadi rusak,fitna merajalela, kebodohan merebak, riba bertambah marak,minuman keras dimana mana dan perzinaan tersebar luas.

                Ketika imam mahdi muncul, maka manusia dari berbagai penjuru dunia pergi menemuinya di makkah. Saat berita tentang dirinya telah tersebar luas di kalangan masyarakat international,maka imam mahdi didatangi oleh pasukan dengan tujuan untuk mengalahkannya. Kemudian pasukan tersebut dibenamkan oleh allah azza wa jalla di sebuah padang pasir. Gambaran tentang hal ini, dapat terungkap dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh ummu salamah, hafshah dan aisyah r.a,bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
“bahwa satu pasukan akan mengejar orang yang berlindung di baitullah. Lalu allah akan menenggelamkan pasukan itu di sebuah padang pasir. Maka diutuslah delegasi kepada pasukan tersebut,dan ketika mereka berada di sebuah padang pasir, merekapun di tenggelamkan ke dalam tanah."  Lalu saya bertanya, “ wahai rasulullah, bagaimana dengan halnya orang yang terpaksa?” beliau bersabda, “ia juga ditenggelamkan bersama mereka,tetapi kelak di hari kiamat akan dibangkitkan berdasarkan niatnya.” (H.R muslim)
                imam mahdi menjelaskan misi kemanusiaan berdasarkan sunnah rasulullah s.a.w ia senantiasa menegakkan sunnah dan memberantas semua bentuk bid’ah. Ia menguasai seluruh dunia, sebagaimana dnia sebelumnya dikuasai dzulqarnain dan sulaiman a.s. imam mahdi menyatukan hari umat Muhammad s.a.w,hingga mereka terhindar dari konflik dan perpecahan.
                Pada masa imam mahdi,hujan pun turun dengan lebatnya sebagai rezeki dan karunia dari allah azza wa jalla untuk umatnya. Tanam tanaman pun tumbuh dengan suburnya. Binatang ternak berkembang banyak; tumbuh sehat dengan dagingnya yang segar tanpa terjangkitnya penyakit sedikitpun. Umat muslim menjadi super power dan berkekuatan besar di permukaan bumi. imam mahdi membagikan harta kekayaan dengan penuh keadilan. Keamanan, kedamaian, dan kemakmuran pun berkembang luas.
                Gambaran tersebut dapat dipahami dalam hadits abu sa’id al khudri r.a, bahwa rasulullah s.a.w pernah bersabda,
“akan muncul di akhir umatku nanti, imam mahdi. Allah akan menurunkan hujan baginya; bumi akan mengeluarkan tumbuh tumbuhannya, dan ia akan membagikan harta sama rata, sementara binatang ternak berkembang biak dengan pesat, dan umat akan menjadi umat yang besar. Ia hidup dalam tuuh atau delapan,yaitu tahun.”
(H.R. Hakim,menurut albani sanad hadits ini sahih dan para perawinya tsiqat)
                imam mahdi pergi dari madinah menuju baitul maqdis, ia membangun baitul maqdis. Hal tersebut berarti sebuah kehancuran bagi madinah. Beberapa hadits menegaskan tentang kondisi ini. Salah satunya yaitu hadits yang diriwayatkan dari muadz bin jabal r.a. ia berkata bahwa rasulullah s.a.w bersabda, “pembangunan baitul maqdis berarti kehancuran bagi yatsrib (madinah); kehancuran yatsrib berarti perang besar meletus perang besar meletus berarti penaklukkan konstantinopel; dan penaklukkan konstantinopel berarti dajjal keluar.” (H.R Daud)
                Umat manusia senantiasa berada di bawah naungan imam mahdi dalam keadaan aman sejahtera, hingga muncullah dajjal. imam mahdi dan para pengikutnya berlindung di baitul maqdis. Maka allah azza wa jalla melindungi imam mahdi dan para pengikutya dari fitnah dajjal. Kemudian nabi isa a.s turun dari langit. Beliau menyusul imam mahdi dan menemukannya saat iqamat shalat dikumandangkan. Saat imam mahdi melihat nabi isa a.s, ia mempersilakan nabi isa menjadi imam. Akan tetapi nabi isa menawab, “tidak,engkau saja yang menjadi imam. Sebagian umat islam adalah pemimpin bagi sebagian lainnya, sebagai bentuk penghormatan allah terhadap mereka.”
                Setelah itu, nabi isa a.s memmbunuh dajjal dan imam mahdi hidup bersama nabi isa sampai beberapa waktu lamanya. Kemudian allah s.w.t mewafatkan imam mahdi. Akhirnya, imam mahdi dishalati dan dimakamkan oleh nabi isa.

Sumber : viosixwey

Related Posts