Gambaran hadits tentang shirath dan pintu surga dibuka

Gambaran hadits tentang shirath dan pintu surga dibuka pertama tama, perjalanan yang sangat mendebarkan dan sangat mengerikan di atas shirathpun selesai sudah banyak di antara orang beriman yang selamat,tanpa tergores luka sedikit pun.mereka melintasi shirath laksana melintasi jalan biasa yang tidak berbahaya.bahkan  ada  yang sama sekali tidak terasa, karena begitu cepatnya bagaikan kedipan mata.
akan tetapi,banyak pula di antara orang orang beriman yang babak belur. tubuh mereka luka luka dan berdarah darah, walaupun tidak sampai terjerembab kedalam neraka jahannam. mereka selamat sampai ke seberang shirath, walaupun dengan tubuh merintih perih dan jiwa yang tergoncang hebat.

dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari ibnu mas'ud r.a, bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
"semua orang akan datang ke shirath.dan maksud datangnya mereka,yaitu berdiri di sekeliling neraka,kemudian keluar shirath sesuai amal perbuatan masing masing. di antara mereka ada yang lewat bagaikan kilat, ada pula yang lewat bagaikan kuda yang berlari cepat,dan ada yang seperti orang berlari.dan yang lewat terakhir ialah seorang lelaki dengan cahaya terletak di jempol kakinya, di goyang goyangkan oleh shirath. padahal jembatan itu sangat licin,bisanya membuatnya terpeleset, di sana banyak duri seperti pohon qatad, dan di kedua sisinya berdiri para malaikat memegang kait kait dari api yang digunakan untuk menggaet manusia."(H.R Tirmidzi)

sementara banyak pula orang orang beriman yang terpelanting ke dalam neraka jahannam dan masuk ke dalam kobaran apinya yang menyala nyala, mereka adalah orang orang beriman yang banyak berdosa dan banyak melakukan maksiat, mereka terlebh dahulu disiksa di neraka,sebelum akhirnya mendapatkan ampunan dari allah s.w.t lalu tubuhnya diangkat dari neraka dan dimasukkan kedalam surganya,tenggang waktu lamanya mereka di neraka,tergantung dari besarnya dosa seseorang yang beriman,maka semakin lama pula waktu siksaannya.

lalu bagaimana kelanjutan perjalanan bagi orang orang yang selamat melintasi shirath,apakah mereka langsung ke surga? ternyata tidak.mereka tertahan di shirath lain yang terletak di antara surga dan neraka untuk menjalani proses qishash atas kasus kasus kezaliman yang terjadi saat mereka di dunia.informasi tentang hal iini didasarkan pada sabda nabi muhammad s.a.w diriwayatkan dari abu sa'id al khudri r.a bahwa rasulullah s.a.w bersabda, "apabila orang orang beriman telah selamat dari shirath, maka mereka ditahan di sebuah jembatan antara surga dan neraka. maka adakanlah pembalasan atas kezaliman yang pernah dilakukan antara sesama mereka di dunia. sehingga,ketika mereka sudah dibersihkan sampai jernih,maka mereka pun diizinkan masuk surga.maka sesungguhnya tiapp seorang dari mereka lebih mengetahui tempat tinggalnya dalam surga daripada rumah yang pernah dia tempati di dunia." (H.R Bukhari)

demikianlah,ketika kasus kasus tersebut telah terselesaikan,mereka diizinkan masuk surga sesudah dibuka oleh rasulullah s.a.w.inilah perhormatan yang besar dari allah azza wa jalla kepada beliau. sesungguhnya beliau adalah nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat.

diriwayatkan dari anas bin malik r.a bahwa rasulullah s.a.w bersabda,
"aku akan datang ke pintu surga,lalu aku meminta dibukakan. maka penjaganya berkata, 'siapakah engkau?' (aku menjawab), 'muhammad'. penjaga itu berkata, 'aku memang diperintahkan agar tidak membuka (pintu ini) untuk siapapun sebelum dirimu'."(H.R Muslim)

diriwayatkan dari anas bin malik r.a,dia berkata bahwa rasullullah s.a.w bersabda,
"aku adalah nabi terbanyak pengikutnya pada hari kiamat,dan orang yang pertama tama mengetuk pintu surga."(H.R Muslim)

ketika pintu surga dibuka,maka berhamburanlah orang orang yang bertakwa kedalamnya.hati mereka berdebar debar,karena begitu senang dan bahagianya. perasaan mereka larut dalam suka cita yang tiada tara. inilah akhir perjalanan yang indah. inilah surga yang disediakan oleh allah azza wa jalla bagi orang orang yang bertakwa kepadanya. surga adalah tempat terindah. tidak ada tempat terindah di semesta jagat raya ini selain surganya.begitu indahnya, sehingga sangat susah digambarkan dalam bentuk perbandingan perbandingan. cukuplah kalimat sederhana ini, mewakili gambaran tentang keindahan dan kenikmatan surga, "sesuatu yang belum pernah dilihat,sesuatu yang belum pernah di dengar, bahkan sesuatu yang belum pernah terlintas dalam hati manusia",sebagaimana yang dianalogkan oleh nabi s.a.w

surga adalah sebaik baik tempat menetap.didalamnya terdapat berbagai macam kenikmatan yang belum pernah dirasakan oleh manusia. beribu ribu macam kenikmatan telah allah hadirkan untuk hamba hambanya yang bertakwa. surga adalah hamparan hamparan kerajaan yang terbentang luas. setiap orangyang masuk ke surga,ia di nobatkan sebagai raja. orang yang terakhir masuk surga saja, diberi kerajaan yang luas daerah kekuasaannya seluas dunia dan sepuluh kali lipat dari dunia dan seisinya.

allah azza wa jalla berfirman.
"dan apabila kamu melihat di sana (surga),niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar."(Qs. Al Insaan/Ad-Dahr (76):20)

diriwayatkan dalam hadits,bahwa ketika orang yang terakhir masuk surga,maka allah pun berfirman kepadanya,
"tidakkah kamu suka jika mendapat yang semisal dunia dan sepuluh kali lipatnya?"(H.R Bukhari dan Muslim)

mudah mudahan kita semua mendapatkan keridhaan allah azza wa jalla dan berhak mendapatkan surganya yang sangat mengagumkan itu.Sumber http://viosixwey.blogspot.com

Related Posts