Misteri alam kubur

Misteri alam kubur Tempat pertama yang akan didiami oleh orang yang meninggal dunia adalah kuburan atau nisan. Sebuah tempat sangat sempit yang digali di dalam tanah. Alam kubur Ukurannya dibuat pas-pasan, disesuaikan dengan panjang dan lebar tubuh si mayat. Betapa sumpek dan pengapnya Alam kubur!

               Alam Kuburan memang tak mengenal belas kasih. Di lubang alam kubur yang sempit dan menganga itulah aliang kubur akan mencengkeram orang yang akan masuk di dalamnya. Siapapun orangnya, apa pun pangkat dan kedudukannya, serta berapapun banyak harta yang pernah didapatkannya selama hidup di dunia, liang kubur tak akan ragu ragu untuk menelan orang yang masuk ke dalamnya. Sungguh peristiwa penguburan jasad manusia merupakan prosesi yang mencekam dan mengharukan. Siapa sangka kalau di tempat yang sunyi, sempit, pengap dan gelap berdasarkan ukuran fisik itu merupakan awal dari kisah mencekam, mendebarkan dan bahkan mengerikan di alam kubur.

                Banyak di antara manusia yang mengatakan bahwa misteri alam kuburan merupakan peristirahatan terakhir bagi orang yang telah tutup usia. Mereka mengatakan, “wahai saudaraku, beristirahatlah dengan tenang dan damai di sana…”

                Sebelumnya, mereka menatap dan mencium wajah saudaranya yang telah menjadi mayat itu. Betapa tenang dan damainya, seakan mengisyaratkan kebahagiaan yang sekian lama terpendam. Padahal mereka tidak menyadari, bahwa di balik rona wajah mayat yang dingin dan tenang itu, terkuak lembaran baru yang begitu mencekam dan mendebarkan. Sebuah lanskap mister kehidupan baru yang sangat misterius dan mengejutkan mulai terpampang di depan matanya. Lalu ia pun menjadi terkaget kaget dan tersentak, melebihi dari keterkejutannya saat mengalami perstiwa paling dramatis dan paling traumatis saat hidup di dunia. Sunggu menegangkan dan mendebarkan!

                Ketika hidup di dunia, mungkin ia pernah menyaksikan dan mengalami perstiwa yang sangat traumatis, hingga jal tersebut sempat menghantui alam pemikirannya. Akan tetapi , apa yang ia saksikan dan ia alami di alam kubur itu, sunggu lebih traumatis dan lebih dramatis dari peristiwa apa pun saat hidup di dunia. Ironisnya lagi, di alam kubur peristiwa menegangkan itu tak pernah ia denhar langsung sebelumnya, karena tak ada seorang pun yang pernah bercerita tentang peristiwa mencekam dan mendebarkan saat berada dalam kuburan. Betul bahwa kakek, nenek, dan buyutnya sudah lama meniggal sebelum dirinya. Namun,tak seorang-pun di antara mereka yang bangkit dari kuburnya lalu menceritakan peristiwa dahsyat yang dialaminya dalam kuburan.

                Kini ia benar benar sendirian di alam kubur. Tak ada siapa siapa di alam kubur. Tak ada seorang pun yang peduli pada dirinya. Wahai, dimana gerangan istri istri tercinta? Wahai, dimana gerangan canda tawa anak anak yang lucu? Wahai, dimana pula pangkat dan kemewahan duniawi? Semuanya benar benar telah sirna. Tak ada siapa siapa, selain perasaan mencekam, mendebarkan dan kain kafan! Kini ia menyadari, bahwa sungguh benar nabi nabi dan rasul rasul itu. Sungguh benar al quran itu. Sungguh benar yang maha benar, yaitu allah azza wa jalla.mulai terkuaklah misteri alam kubur.

                Lalu semuanya benar benar terjadi.kini ia telah memasuki alam lain yaitu alam kubur, sementara kain kafan melilit di sekujur badan. Ia benar benar merasa asing. Alam baru telah terkuak di depan matanya. Ia terkejut dan terperangah. Belum sempat dengan keterkejutannya,tiba tiba datanglah dua sosok asing menghampiri dirinya. Mereka berdua adalah malaikat penanya di alam kubur. Dua malaikat ini merupakan tim penguji pertama di pengadilan akhirat. Dari pengetesan dua malaikat inilah seorang hamba dapat mengetahui gambaran,pakah ia akan berhasil atau justru tereliminasi dari siding pengadilannya yang maha adil, dan saat saat menegangkan di alam kubur baru saja dimulai.
               

                 Diriwayatkan dalam sebuah hadits sahih dari qatadah, dari anas, bahwa rasullullah s.a.w bersabda

                “apabila hamba yang beriman sudah dikebumikan di dalam kuburnya,maka ia didatangi dua malaikat.kemudian dia bersaksi tidak ada tuhan selain allah dan Muhammad adalah utusan allah.demikianlah maksud dari firman allah, ‘allah meneguhkan (iman) orang orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan dunia dan akhirat’.” (H.R. Bukhari dan muslim)

Sumber :viosixwey,Saefulloh Muhammad Satiru

Related Posts